12 Juni 2014

Dasar-Dasar Kewirausahaan

Seorang wirausaha adalah seorang yang menciptakan bisnis baru
dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan
dan pertumbuhan yang signifikan dengan cara mengindentifikasi peluang
dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga
sumber-sumber daya tersebut dapat dikapitalisasikan. Proses
entrepreneurial sebagai proses dalam mengupayakan sebuah usaha baru,
baik itu berupa produk baru yang akan diluncurkan ke dalam pasar,
memasuki pasar baru bagi produk yang telah ada saat ini, dan atau
penciptaan organisasi baru
Kewirausahaan adalah sebuah proses disiplin dan sistematis dalam
menerapkan kreativitas dan inovasi terhadap kebutuhan, problem, dan
peluang pasar Bagaimana seorang wirausahawan mengatasi permasalahan
pelanggan dan memanfaatkan peluang dengan cara melahirkan dan atau
memodifikasi bentuk produk maupun jasa.
Fungsi paling kritis yang dilakukan oleh para pemimpin perusahaan
untuk bisnisnya adalah menentukan dan mengelola strategi dan
perencanaan strategis. Oleh karena itu pemimpin perusahaan harus dapat
menciptakan stretegi yang efektif, dalam arti bahwa strategi tersebut
dapat mendorong terjadinya keselarasan antara perusahaan dengan
lingkungannya dan juga dengan pencapaian tujuan strategisnya
Dalam ilmu manajemen, penyusunan rencana bisnis (business plain)
merupakan bagian dari perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis merupakan
pekerjaan yang harus segera dilaksanakan dan menjadi komitmen bersama.
Sebelum rencana bisnis disusun, wirausaha terlebih dahulu melaksanakan
analisis kelayakan bisnis, untuk memastikan apakah bisnis yang akan
dijalankan dapat berkembang dan sukses. Analisis kelayakan bisnis dan
penyusunan rencana bisnis merupakan dua hal yang berkaitan dan menjadi
salah satu factor krusial yang menentukan keberhasilan usaha.
Bagi wirausaha penting untuk menentukan bentuk kepemilikan bisnis
sebelum memulai usaha. Hal ini tidak cuma menyangkut permodalan dan
banyaknya pihak yang terlibat, tetapi juga menyangkut keberlanjutan
usaha dalam jangka panjang. Di samping bentuk kepemilikan bisnis,
seorang wirausaha juga patut memahami berbagai perijinan yang harus
dipenuhi agar usaha yang dijalankan memenuhi ketentuan yang berlaku
sehingga wirausaha dapat menjalankan usahanya dengan tenang.
Pemasarn merupakan proses penciptaan dan penyampaian barang dan
jasa yang diinginkan kepada pelanggan. Pemasaran entrepreneurial
adalah sebuah fungsi organisasi dan sekelompok proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada
pelanggan dan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dalam cara
yang menguntungkan organisasi dan pihak-pihak yang berkepentingan
serta berkarakter inivatif, pengambilan resiko, proaktif, dan
berkinerja tanpa sumber daya yang kini dikendalikan.
Sumber: Dasar-Dasar Kerirausahaan Teori dan Praktik. Franky Slamet,
Hetty Karunia, Mei Le. Penerbit PT Indeks Jakarta, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seseorang di segani dan di hormati bukan karena apa yang di perolehnya, Melainkan apa yang telah di berikannya. Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan

BERITA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget

My Blog List

Komentar