KELOMPOK :
MATA
KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
|
NOMOR
|
:
|
|
||
NAMA MATA KULIAH
|
:
|
SOSIOLOGI
|
||
KODE
|
:
|
|
||
BOBOT
|
:
|
2 sks
|
||
SEMESTER
|
:
|
2 (dua)
|
||
PRASYARAT
|
:
|
|
||
BANYAKNYA PERTEMUAN/ WAKTU TIAP
PERTEMUAN
|
:
|
14 X (2 X 50 MENIT)
|
||
STANDAR
KOMPETENSI :
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang
memadai tentang sosiologi sebagai kelengkapan proses pengembangan kepribadian
untuk pengabdian masyarakat, mengkritisi dan mengaplikasikannya dalam
pelayanan.
|
||||
KOMPETENSI
DASAR
1.
Mampu
menguraikan ruang lingkup teori dan metode sosiologi
2.
Mampu
menjelaskan proses sosial
3. Mampu menguraikan kelompok-kelompok sosial dan
budaya masyarakat setempat
4. Mampu menjelaskan berbagai aspek pengetahuan
teoritis tentang sosiologi
5. Mampu mengidentifikasi lembaga-lembaga
kemasyarakatan dan lapisan-lapisan sosial
6. Mampu menjelaskan perubahan-perubahan sosial dan
kebudayaan di dalam masyarakat Indonesia
7.
Mampu melakukan
refleksi teologis terhadap masalah-masalah sosial.
|
||||
URUTAN DAN
RINCIAN MATERI
1.
Ruang Lingkup
Teori dan Metode
2.
Proses Sosial
3.
Kelompok-kelompok
Sosial
4.
Kebudayaan dan
Masyarakat
5.
Lembaga
Kemasyarakatan
6.
Pelapisan-pelapisan
Sosial
7.
Kekuasaan dan
Wewenang
8.
Perubahan-perubahan
Sosial dan Kebudayaan
9.
Perubahan-perubahan
Sosial dan Kebudayaan dari Masyarakat, suku-suku daerah di Indonesia,
masyarakat keturunan di Indonesia ( India, Tamil, Punjab, Tionghoa, Arab)
10. Kegunaan sosiologi dalam arti luas.
11. Kegunaan sosiologi untuk memahami masyarakat
eksternal dan internal gereja.
12. Kegunaan sosiologi untuk memahami berbagai ragam
etnis yang terdapat ditengah-tengah masyarakat Indonesia.
13. Kegunaan sosiologi untuk memahami masyarakat warga
jemaat Kristen serta Gereja sebagai suatu lembaga sosial.
|
||||
INDIKATOR
HASIL BELAJAR
1.
Mampu
menjelaskan Ruang Lingkup Teori, Metode dan proses sosial
2.
Mampu
mengidentifikasi kelompok-kelompok sosial dan kebudayaan dalam Masyarakat
3.
Menganilisis
strata Sosial yang ada dalam masyarakat berdasar tinjauan teologis
4.
Menganalisis
kekuasaan dan Wewenang dari sudut iman Kristen
5.
Menganalisis
dampak perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan dari masyarakat, suku-suku
daerah di Indonesia, masyarakat keturunan di Indonesia ( India, Tamil,
Punjab, Tionghoa, Arab)
6.
Menerapkan
kegunaan sosiologi untuk memahami masyarakat eksternal dan internal gereja.
7.
Menerapkan
kegunaan sosiologi untuk memahami berbagai ragam etnis yang terdapat
ditengah-tengah masyarakat Indonesia.
8.
Menerapkan
kegunaan sosiologi untuk memahami masyarakat warga jemaat Kristen serta
Gereja sebagai suatu lembaga sosial.
|
||||
STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
|
||||
PENDEKATAN
|
:
|
Kolektif partisipatoris
|
||
PENGALAMAN BELAJAR
|
:
|
1.
Mahasiswa mendengarkan kuliah yang disampaikan dosen
2.
Mahasiswa mendiskusikan
3. Mahasiswa melakukan wawancara sederhana
|
||
METODA
|
:
|
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Simulasi 4. Observasi
|
||
TUGAS
|
:
|
1.
Mini Riset , Paper
|
||
STANDAR PENILAIAN
|
:
|
1.
Partisipasi dan kehadiran
: 10 %
2.
Tugas Pribadi : 20 %
3.
Presentasi Kelompok : 20 %
4.
UTS :
20 %
5.
UAS : 30 %
|
||
TEKNIK
|
:
|
TERTULIS
|
||
BENTUK SOAL
|
:
|
Tes Tertulis, Tes Sikap, Porto
Folio, proyek, unjuk kerja
|
||
MEDIA
|
:
|
Papan Tulis / White board, , LCD,dll
|
||
SUMBER
BELAJAR
1.
Keluarga
2.
Media elektronik (internet)
3.
Narasumber,
4.
Lingkungan alam,
5.
Lingkungan sosial,
6.
Teman di kampus
7.
Teman di masyarakat setempat
8.
Komunitas gereja
9.
Literatur:
a)
Soekamto, Soerjono.
Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta
: CV. Rajawali, 1982.
b)
Hesselgrave,
David J. Communicating Christ Cross –
Culturally Second Edition, Literatur
SAAT , Zondervan Publishing House.
c)
Sumber dari
Internet ( Anthony Giddens, Habermass, Jacques Derrida )
d)
Encarta
Ensiklopedia .
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar