18 Agustus 2014

Contoh Proposal Tesis-1



INSTITUT ALKITAB TIRANUS



Proposal Tesis





SRATEGI KOMUNIKASI PENGINJILAN DAN PENERAPANNYA
DALAM AGAMA KEPERCAYAAN (ALUK TODOLO)
MASYARAKAT TANA TORAJA




Diajukan untuk memenuhi kelengkapan perkuliahan
Sebagai Tugas Akhir Bidang Studi
Master of Arts





Oleh:
ADRIANUS
0411701













BANDUNG, JAWA BARAT
APRIL, 2009







BAB I
PENDAHULUAN




1.1.  Latar Belakang

Sebelum Tuhan Yesus naik ke surga, Ia memberikan “Amanat Agung” kepada murid-muridNya (Matius 28:18,19; Markus 16:15). Perintah yang sama juga diberikan kepada orang-orang Kristen masa kini. Untuk melaksanakan Amanat Agung memerlukan suatu tindakan yaitu lewat misi penginjilan. Penginjilan adalah misi ke luar, kata penginjilan mengandung makna rohani yang sangat dalam. Kata dasarnya adalah Injil, kata Injil secara harafiah dapat diartikan sebagai kabar kesukaan (Kisah Rasul 13:32), Kabar Baik (Lukas 4:18), Kesukaan Besar (Lukas 2:10). Rasul Paulus di dalam 1 Korintus 15:1-4 menjelaskan bahwa Injil adalah berita tentang kematian, penguburan dan kebangkitan Kristus. Paulus juga mengatakan bahwa Injil adalah satu-satunya kuasa Allah untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya (Roma 1:16). Mengapa Injil harus disampaikan
Indonesia adalah negara kepualauan yang terdiri dari…dengan budaya yang beraneka ragam
Setelah memperhatikan permasalahan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan menjadi satu pertanyaan inti: bagaimana menyusun metode/strategi dalam mewujudkan pelayanan pedesaan yang handal di Indonesia sehingga setiap tantangan dan hambatan dapat diubah menjadi peluang?. Dalam membahas permasalahan tersebut, penulis membagi permasalahan dalam beberapa pertanyaan.
1.1.1.      Mengapa tradisi yang berangkat dari kepercayaan Aluk Todolo itu masih terus bertahan  di kalangan mereka yang sudah memeluk agama Kristen?
1.1.2.      Bagaimana menkomunikasikan budaya setempat dengan Injil tampa menghilangkan esensi dari Injil?
1.2.  Alasan Penelitian
1.3.  Tujuan Penelitian
1.4.  Manfaat Penelitian
1.5.  Ruang Lingkup Penelitian
1.6.  Metode Penelitian
1.7.  Sistematika Penelitian


1.8.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Adapun maksud dan tujuan penelitian ini adalah:
1.      Memberi gambaran bahwa ada nilai-nilai positif yang dapat kita adopsi dan tidak bertentangan dengan ajaran Kristen, untuk dipakai membawa mereka kepada Kristus, tanpa harus meninggalkan kebiasaan mereka atau adat mereka dengan kata lain mengkondisikan dulu baru menginjili.
2.      Memahami bagaimana konsep keselamatan dalam agama Aluk Todolo, kemudian membandingkan konsep keselamatan di dalam agama Kristen. Bagaimana kedua kepercayaan ini memahami tentang keselamatan. Dan apakah ada hal-hal yang bisa digunakan untuk saling mengisi atau saling melengkapi?
3.      Untuk menjawab pandangan orang yang mengecam upacara kematian sebagai suatu pemborosan. Sebab jika dipelajari dan diteliti lebih mendalam banyak nilai positif dan hal bermanfaat yang dapat kita temukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seseorang di segani dan di hormati bukan karena apa yang di perolehnya, Melainkan apa yang telah di berikannya. Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan

BERITA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget

My Blog List

Komentar