25 Februari 2013

Aku Percaya (Ferleksi Misi Holistik)

Nama : Abdi Rukun Hadirat Kasih Mendrofa 2 Februari 2013
Nim : 20100101
Nas : Yohanes 4:46-54
Tema : Aku Percaya


Misi holistik berbicara keutuhan pelayanan. Melayani dengan holistik
harus melayani dengan menjawab kebutuhan orang yang akan dilayani.

Ketika seorang pegawai istana Herodes datang memohon agar Yesus
menyembuhkan anaknya yang sakit parah (Yoh 4:47), pada saat itu Yesus
tidak langsung menjawabnya. Mengapa? Yesus ingin menguji iman pegawai
istana ini. Komentar Yesus terkesan kasar, "Jika kamu tidak melihat
tanda dan mukjizat, kamu tidak percaya" (Yoh 4:48). Saya percaya
Komentar ini ditujukan juga kepada orang banyak. Mereka perlu
diyakinkan bahwa kasih Allah berlaku juga bagi hamba Herodes, sebab
bagi orang Yahudi mereka terhitung sebagai orang yang dibenci. Yesus
menyuruh pegawai Herodes itu pulang dan mengatakan bahwa anaknya pasti
hidup (Yoh 4:50a)! Ternyata beda dari orang banyak yang butuh tanda,
pegawai Herdoes itu percaya walau hanya atas dasar kata-kata. Ia tidak
menguji kebenaran ucapan Yesus sebab ia percaya. Kepercayaannya ini
beroleh peneguhan ketika ia pulang dan menemukan anaknya sudah sembuh
pada saat Yesus mengucapkannya (Yoh 4:50b-53). Itulah tanda kedua yang
Yesus perbuat, seperti halnya tanda pertama di Kana terjadi karena ada
iman sejati kepada Yesus.

Peristiwa ini memberikan kesan dimana Yesus menjawab kebutuhan pegawai
istana Herodes yaitu "anaknya disembuhkan" ketika Yesus menyembuhkan
hanya dengan perkataan sekejap, maka anak pegawai istana Herodes
sembuh. Pelayanan seperti ini yang diinginkan dalam bidang misi
holistik. Akhirnya pegawai istana ini percaya kepada Yesus dan seluruh
keluarganya percaya kepada Yesus (Yoh 4:53).

Dari peristiwa itu saya dapat mengambil satu intisari dimana melayani
dengan holistik bukan sekedar menyampaikan Injil memang menyampaikan
Injil tidak salah tetapi bagaimana saya bisa menjawab kebutuhan orang
yang saya layani, dan itulah tanggungjawab saya dalam melayani dengan
holistik bukan hanya setengah-setengah melayani melainkan dengan
utuhnya saya melayani orang-orang dengan pertolongan Tuhan, doa saya
kepada Tuhan supaya saya dimampukan dalam melayani dengan holistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seseorang di segani dan di hormati bukan karena apa yang di perolehnya, Melainkan apa yang telah di berikannya. Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan

BERITA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget

My Blog List

Komentar