Seseorang di segani dan di hormati bukan karena apa yang di perolehnya, Melainkan apa yang telah di berikannya. Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan

30 Oktober 2012

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI 2


BAB I
PENDAHULUAN




A.  Latar Belakang Masalah
Masa muda merupakan masa yang produktif bagi seseorang karena keadaan fisik seseorang dalam keadaan sangat baik dan memiliki pemikiran yang sedang berkembang sehingga masa muda adalah masa yang tepat untuk berkarya. Tetapi zaman sekarang cenderung diartikan sebagai masa untuk mendapatkan kesenangan di mall, diskotik, punya barang-barang bermerek dan bisa membawa mobil pribadi[1]. Kaum muda mengartikan “sukses” sebagai hidup yang berkelimpahan materi, status dan kuasa[2].
            Kaum muda adalah orang yang dalam proses pengenalan diri sendiri dan sedang mencari dan berusaha untuk mendapatkan jawaban atas diri mereka, antara lain menentukan tujuan hidupnya, menemukan pekerjaan yang tepat, pergaulan dengan sesama kaum muda, berpacaran, pernikahan, hubungan dengan Tuhan. Ketika kaum muda tidak mendapatkan jawaban yang tepat dalam gereja, mereka akan mencari jawabannya dengan cara mereka sendiri.
            Ketika hal ini terjadi akan diikuti oleh berkurangnya keterlibatan kaum muda dalam gereja, sedangkan gereja memberikan tuntutan agar kaum muda dapat melibatkan diri mereka dalam pelayanan. Namun yang terjadi adalah kaum muda terlibat dalam pergaulan bebas yang dapat mengakibatkan kecanduan obat terlarang, hamil di luar nikah, memiliki pasangan yang tidak seiman, dan pada akhirnya mundur dan meninggalkan gereja.
            Melihat masalah dan tantangan yang ada, maka untuk dapat menjawab kebutuhan kaum muda dan memberikan landasan iman Kristen yang kuat, gereja harus memikirkan dengan serius dalam membuat rancangan dan pola pembinaan yang tepat agar pembinaan yang diberikan dapat menjawab kebutuhan  kaum muda secara utuh[3].
            Pelayanan kaum muda di Gereja Kristen Pasundan (GKP) Sindangjaya, Ciranjang-Cianjur sudah berjalan selama 10 tahun yaitu sejak tahun 2001 dan telah mengalami tiga kali pergantian pengurus pemuda. Kaum muda GKP Sindangjaya saat ini berjumlah ± 50 jiwa dan 60% sudah bekerja. Lokasi kerja yang  jauh dari orang tua, kurangnya pembinaan dalam keluarga dan gereja, kuatnya pengaruh negatif dari lingkungan pergaulan dan tidak kuatnya landasan iman kristen mengakibatkan adanya kaum muda yang mengalami kehamilan di luar pernikahan.
            Pelayanan bagi kaum muda GKP Sindangjaya sudah rutin dilakukan setiap hari Sabtu, pukul 18.00-20.00 WIB dalam bentuk ibadah kaum muda. Pada awalnya persekutuan ini mendapatkan respons yang sangat baik dari kaum muda setempat. Namun, pada dua tahun terakhir ini (2009-2012) keadaannya sangat jauh berbeda, dari jumlah anggota yang terdaftar kehadirannya hanya sekitar 5-10 jiwa. Keadaan ini disebabkan banyaknya kaum muda yang bekerja di luar Cianjur. Dari pengamatan lapangan dan dari hasil perbincangan dengan pengurus komisi pemuda dan beberapa kaum muda yang ada di GKP Sindangjaya, menyatakan bahwa ibadah khusus pemuda yang dilakukan tersebut kurang  menarik pemuda untuk datang beribadah karena bersifat monoton, menyanyikan dua atau tiga buah pujian, mendengarkan khotbah, persembahan dan doa syafaat. Alasan lainnya adalah kurangnya perkunjungan terhadap kaum muda yang kurang aktif.
            Berdasarkan  latar belakang di atas,  maka penulis tertarik untuk menulis skripsi ini dengan judul “POLA PELAYANAN KAUM MUDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN KAUM MUDA: STUDI KASUS DI GEREJA KRISTEN PASUNDAN (GKP) SINDANGJAYA”.

B.     Rumusan Masalah
Untuk memahami bagaimana pola pelayanan terhadap kaum muda sehingga dapat memberi dampak pertumbuhan iman bagi kaum muda, maka perlu dirumuskan pokok-pokok penting permasalahannya, sebagai berikut:
1.      Bagaimana pandangan Alkitab tentang pelayanan terhadap kaum muda?
2.      Bagaimana pola pelayanan kaum muda GKP Sindangjaya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini memberi dampak terhadap pertumbuhan iman kaum muda?
3.      Bagaimana menyusun strategi palayanan terhadap kaum muda di GKP Sindangjaya agar berdampak bagi pertumbuhan iman kaum muda?

C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di  atas, maka tujuan penulisan skripsi ini adalah:
1.      Menjelaskan pandangan Alkitab tentang pelayanan kaum muda.
2.      Memaparkan dampak pola pelayanan terhadap kaum muda GKP Sindangjaya terhadap pertumbuhan iman kaum muda dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
3.      Menjelaskan strategi pelayanan terhadap kaum muda  yang membawa dampak terhadap pertumbuhan iman kaum muda GKP Sindangjaya.

D.    Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian dalam pembahasan skripsi ini dibatasi pada kajian mengenai pola pelayanan terhadap kaum muda GKP Sindangjaya dan dampaknya terhadap pertumbuhan iman kaum muda GKP Sindangjaya.



E.     Manfaat Penelitian
Dilihat dari manfaatnya, skripsi ini bermanfaat bagi:
1.      Penulis secara pribadi, supaya dapat memahami tentang pelayanan kaum muda dan cara melayani mereka, serta pola pelayanan yang tepat agar pelayanan yang disampaikan berdampak pada pertumbuhan rohani kaum muda yang dilayani
2.      Bagi Gereja Kristen Pasundan (GKP) Sindangjaya, agar dapat mengetahui pola pelayanan kepada kaum muda yang sudah berjalan dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini apakah sudah berdampak maksimal atau belum maksimal.
3.      Bagi para pelayan kaum muda agar dapat kembali mengevaluasi pelayanan yang telah berjalan dan terpacu untuk meningkatkan lagi pelayanan yang sudah ada,

F.     Metode Penelitian
Metode yang digunakan  dalam penulisan skripsi ini adalah metode survai yaitu pengumpulan data dengan instrument wawancara dan kuesioner[4]  untuk mengetahui pelayanan kaum muda dan dampaknya terhadap pertumbuhan iman kuam muda. Dalam penulisan skripsi ini digunakan sumber pustaka primer yaitu Alkitab sebagai kebenaran dasar iman Kristen. Dan sumber pustaka sekunder yaitu buku-buku Teologi, Jurnal Teologi, serta artikel-artikel yang berkaitan dengan tema penulisan skripsi ini.

G.    Penegasan Istilah
1.      Pola: model, sistem, cara kerja[5]; pelayanan: perihal, cara melayani[6]; pola pelayanan adalah sistem atau cara kerja yang dipakai di dalam menjalankan pelayanan.
2.      Pertumbuhan: perkembangan atau kemajuan[7]; Iman: Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala Sesutu yang tidak kita lihat[8].
3.      Kaum muda: orang-orang yang telah meninggalkan masa remaja, dimulai pada usia 16-30 tahun[9] dan biasanya telah bekerja dan belum menikah.

H.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi ini yaitu:
Bab pertama adalah pendahuluan. Bab ini memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, ruang lingkup penelitian, metode penelitian, manfaat penelitian, penegasan istilah, dan sistematika penulisan.
Bab dua akan membahas tentang tinjauan kepustakaan yang berisi dasar Alkitab tentang pelayanan kaum muda, pentingnya pelayanan terhadap kaum muda, tujuan pelayanan kaum muda, pelayanan terhadap kaum muda dan pelayan kaum muda.
Bab ketiga akan membahas tentang metodologi penelitian yang meliputi waktu dan tempat penelitian, rancangan penelitian dan metode penelitian. Metode yang dipakai adalah menggunakan angket dan survei lapangan.
Bab keempat tentang hasil penelitian. Dalam bagian ini penulis akan memaparkan gambaran umum kaum muda GKP Sindangjaya dan hasil penelitian.
Bab kelima, penutup yang berisikan kesimpulan dan saran.


[1] Robby I. Chandra, Pemimpin yang Meraih Kawula Muda (Bekasi:Bina Warga, 1997) i.
[2] Ibid ii.
[3] Selvester M. Tacoy, 6 Kunci Sukses Melayani Kaum Muda (Bandung: Kalam Hidup, 2009) 65.
[4] W. gulo. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002) 118.
[5] Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga (Jakarta: Balai Pustaka, 2002 )884.
[6] Ibid 646.
[7] Ibid 1220.
[8] Ibrani 11:1.
[9] Berdasarkan Undang-Undang Kepemudaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERITA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget

My Blog List

  • DISKUSIKAN | Ferdynan Pinontoan - DISKUSIKAN: 1. Rancangkan suatu model relasi yang dapat dijadikan jembatan untuk membina relasi antara umat beragama dalam kontek Indonesia Jawaban : Me...
    3 minggu yang lalu
  • Anas Dihadiahi Buku Pendeta Kristen Evangelis Asal AS - Untuk Apa Aku Ada di Dunia Ini, Anas Dihadiahi Buku Pendeta Kristen Evangelis Asal AS Kamis, 13 Februari 2014 , 11:31:00 WIB Laporan: Samrut Lellolsi...
    2 bulan yang lalu
  • SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU 2014 - Bagi para pembaca dan followers di blog ini, tak lupa saya mengucapkan selamat NATAL dan Tahun Baru 2014 bagi yang merayakannya.Semoga di tahun 2014 semak...
    3 bulan yang lalu
  • Manfaat Jeruk Bali - Manfaat jeruk bali selain enak untuk dikonsumsi dan kulitnya dapat dimanfaatkan untuk mainan anak-anak, ternyata lebih dari itu manfaat jeruk bali sangat b...
    1 tahun yang lalu
  • - Jika teman-teman mengalami kesulitan untuk Donwload file, silahkan tulis di kotak komentar.... untuk memutar video terlebih dahulu donwload software K-Lite ...
    1 tahun yang lalu
Loading...

Komentar